Rabu, 18 April 2012

Puncak Kalibiru -Kawasan eksotis- di Kokap Kulonprogo

Menikmati Panorama Waduk Sermo dari Puncak Kalibiru

Pernahkah Anda berwisata alam ke Kulon Progo DIY? Di daerah Kulon Progo ini memiliki banyak tempat yang unik dan menarik yang berupa keindahan alam, maupun sejarah yang bisa menjadi tempat wisata alternatif saat berkunjung ke Yogyakarta.


Di ujung selatan Kulon Progo menawarkan beberapa keindahan pantai komplit dengan kulineran seafoodnya, pantai-pantai itu ialah Pantai Trisik, Pantai Bugel, Pantai Glagah Indah, dan Pantai Congot yang berbatasan dengan Purworejo. Setelah puas bermain di pantai anda bisa menelusuri beberapa gua alam yang berada di Pegunungan Menoreh antara lain Gua Kiskendo Gua Sumitro, Gua Seriti yang pernah menjadi markas Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah, Gua Lawa yang kini menjadi Gua Maria Lawangsing dengan sendangsononya. Di Perbukitan Menoreh Kulon Progo juga terdapat puncak-puncak bukit menarik untuk dijelajahi, seperti; Puncak Suroloyo, Puncak Munggang Kalibiru, Puncak Gunung Ijo, keindahan Gunung Kelir, Puncak Nglinggo yang mengalir air terjun di dinding-dinding bukitnya.
Selamat datang di kalibiru


Kali ini saya akan mengajak Anda untuk berpetualang sejenak ke salah satu puncak Perbukitan Menoreh yang memiliki pemandangan alam yang cukup eksotis, yaitu Puncak Kalibiru pada ketinggian 450 m. dpl, yang lokasinya berada di Kalibiru, desa Hargowilis kecamatan Kokap, Kulon Progo tidak jauh dari Waduk Sermo.

Karena di tengah kesejukan alam Menoreh ini juga terdapat sebuah danau buatan yang bernama Waduk Sermo yang juga layak untuk dikunjungi sebelum menuju ke Puncak Kalibiru, waduk ini terletak di desa Hargowilis kecamatan Kokap, sekitar 36 km. dari Yogyakarta ke arah barat, dan 6-10 km. dari Kota Wates. Waduk ini merupakan satu-satunya waduk di Propinsi DIY yang mempunyai luas genangan air 157 Ha. dan di tengah waduk terdapat warung apung yang menghidangkan kuliner ikan air tawar.
Bentang alam waduk sermo dan perbukitan menoreh

Di waduk ini juga merupakan tempat memancing ikan yang cukup ramai dikunjungi oleh para mancing mania maupun para wisatawan yang hanya sekedar jalan-jalan menikmati keindahan alam Waduk Sermo. Keindahan bentang alam waduk ini juga bisa dinikmati secara utuh dari ketinggian puncak bukit yang berada tidak jauh dari lokasi waduk, salah satunya Puncak Kalibiru.


Puncak Kalibiru ini adalah sebuah tempat wisata alam yang belum lama dibuka. Di tempat ini selain para pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan udara sejuknya, juga sudah tersedia fasilitas pendukung seperti homestay, flying fox, beberapa gardu pandang di puncak bukit, jalur trekking yang menantang, dan fasilitas lainnya.

Perbukitan menoreh semakin sejuk saat hujan turun

Kawasan Kalibiru juga merupakan wisata hutan yang berada Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan nuansa pedesaan adat Jawa yang masih sangat kental juga lengkap dengan hidangan ala ndesonya.

Jika Anda ingin menikmati keindahan deretan Perbukitan menoreh yang sejuk, bentangan Waduk Sermo, Kota Yogyakarta maupun Kota Wates, luasnya Laut Selatan dan keindahan alam saat sunrise dan sunset tiba, Puncak Kalibiru sangat cocok untuk dikunjungi. Jika Anda dari arah Yogyakarta, pertama ialah menuju ke Kota Wates, terus menuju ke lokasi Waduk Sermo, di kawasan waduk ini akan kita dapati penunjuk arah ke lokasi Puncak Kalibiru. Untuk menuju ke puncak kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan jalur yang cukup ekstrim menambah seru perjalanan Anda. “Selamat mencoba”.
Kalau masih ragu juga untuk kesana, karena buta peta atau peta buta,  kontak : 08562903990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar