Senin, 19 Oktober 2009

Ketep Pass

Ketep Pass sebenarnya bukan wilayahnya kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, agar informasi dari kami seputar penjelajahan tempat menarik di Jogja lebih komplit, tidak ada salahnya jika akhirnya harus melebar ke Wilayah Karesidenan Kedu tepatnya Kabupaten Magelang bagian Selatan yang berbatasan dengan DIY.

Ketep Pass adalah gardu pandang untuk mengawasi kegiatan gunung teraktif di dunia “Gunung Merapi” dari sisi barat laut. Dari tempat ini kita bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, berupa jalan larva (lahar) yang mengarah ke kali Krasak. Ketika pada 2006 kemarin gunung Merapi meletus, tempat ini adalah menjadi sasaran pengunjung yang ingin menikmati keluarnya lahar dari puncak Merapi.

Ruas jalan menuju Ketep merupakan jalur wisata Borobudur, Keteb, Selo, Boyolali, Solo sepanjang 60 km. Anda yang melintas di jalur ini akan disuguhi dengan jalanan khas pegunungan/ lereng gunung Merbabu yang berkelok-kelok, dengan pemandangan alam pegunungan di kanan kiri jalan. Sebagian ruas jalan tersebut sering ditutup kabut pada musim penghujan. Bagi Anda yang suka berpetualang berkendara di jalan pegunungan, kami sarankan Anda menempuh jalur Borobudur, Keteb, Selo, Boyolali.

Ketika kami sampai di Ketep Pass, kami takjub melihat pemandangan yang luar biasa. Hamparan hutan di kejauhan dan sebuah gunung tinggi menjulang dengan kepulan asap di atas kawahnya, ya Gunung Merapi dengan ketinggian 2.968 m yang merupakan gunung berapi yang sangat aktif. Pengunjung dapat menyewa teropong untuk mengamati pemandangan lebih dekat. Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung dapat masuk ke Museum Gunung Merapi untuk melihat lebih dekat mengenai fakta Gunung Merapi. Bagi Anda yang ingin berfoto di puncak Gunung Merapi tapi enggan naik ke puncaknya, Anda dapat berfoto berlatar belakang puncak Gunung Merapi di dalam museum ini.

Ketep Pass juga memiliki Ketep Vulcano Theater (KVT) yang memutar film dokumenter meletusnya Gunung Merapi pada 10 Februari 2001. Dengan tiket masuk Rp 2500 per orang, pengunjung dapat menonton film berdurasi 22 menit yang berjudul Napas Bumi Merah. Setelah berkeliling Ketep Pass, jangan ketinggalan menikmati jagung bakar yang banyak dijual di area ini. Hemm.. asyik juga menikmati jagung bakar di hawa dingin Ketep Pass. Jika Anda berkunjung ke Borobudur, silakan menyempatkan diri berkunjung ke Keteb Pass. Arahnya dari Borobudur kembali ke Jalur-jalan menunju Muntilan-Yogyakarta, sampai Blabak (tepatnya pabrik kertas Blabak) belok kekiri kira-kira 15km. Jangan lupa sebelum tiba dipertigaan pabrik kertas Blabak kira-kira 100m, Anda bisa menikmati warung “Tahu Kupat Blabak” yang amat termasyur, terkenal murah dan cepat (harus makan cepat-cepat karena bangku tempat Anda makan tidak bisa Anda duduki berlama-lama jika tidak ingin kena masalah dengan orang lain yang ngantri). Anung

Tampilan ketep-pass di photo streaming lihat disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar