Jumat, 25 Maret 2011

Gua Maria Lawangsih Nanggulan Kulon Progo

Setelah dari Borobudur rencana terus ke Sendangsono lewat jalur alternatif. Ternyata sesampainya di pertinggan menuju sendang sono setelah melewati jalur Borobudur-Kalibawang, ada tanda "bendera putih" dan tanda larangan lewat karena ada layatan. Kecewa deh rombongan karena niat rombongan berziarah terganggu.

Kami mencoba memberi alternatif tempat ziarah ke gua maria Jatiningsih Klepu Godean, mereka setuju. Sampai di perempatanm kalibawang saya lihat ada papan ke gua maria Lawangsih, saya menawarkan lagi ke rombongan : "bagaiamana kalau ke lawangsih"? eh mereka manut saja, padahal saya juga belum pernah ketempat itu.

Selepas perempatan tidak jah dari situ, langsung dihadapkan pada jalanan pebukitan menoreh yang memiliki tanjakan-tanjakan tajam (jauh tajam dari kaliurang). Kalau naik mobil tahun produksi 1980-an jangan lah coba-coba kesana daripada melorot!

Setelah 15km perjalangan sampailah ke Gua Maria Lawangsih. Tempatnya sejuk dan masih alami, belum banyak tersentuh peradaban modern. Suasana sangat hening karena jauh dari tempat tinggal dan lagian berada dipuncak bukit yang jelas jauh dari hiruk pikuk kehidupan masyarakat.

"Lumayan, pikirku", muka murung peserta rombongan sekarang berubah ceria, karena niat mereka berziarah dan berdoa telah kesampaian, bahkan menurut hemat saya suasana lebih khusuk dibanding Sendangsono atau jatiningsih.

Demografi

Gua Maria Lawangsih terletak di Perbukitan Menoreh, perbukitan yang memanjang, membujur di perbatasan Jawa Tengah dan DIY, (Kabupaten Purworejo dan Kulon Progo). Di tengah perbukitan Menoreh, bertahtalah Bunda Maria Lawangsih (Indonesia: Pintu/Gerbang Berkat/Rahmat). Gua Maria Lawangsih berada di dusun Patihombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Secara gerejawi, masuk wilayah Stasi Santa Perawan Maria Fatima Pelemdukuh, Paroki Santa Perawan Maria Nanggulan, Kevikepan Daerah Istimewa Yogyakarta, Keuskupan Agung Semarang. Lokassi Goa Lawangsiih hanya berjarak 20 km dari peziarahan Katolik Sendangsono, 13 km dari Sendang Jatiningsih paroki Klepu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar